terapi komplementer

Terapi Komplementer : adalah cara Penanggulangan Penyakit yang dilakukan sebagai pendukung kepada Pengobatan Medis Konvensional atau sebagai Pengobatan Pilihan lain diluar Pengobatan Medis yang Konvensional.
Terapi Komplementer, pada dasarnya bertujuan untuk memperbaiki fungsi dari sistem-sistem tubuh, terutama “Sistem Kekebalan dan Pertahanan Tubuh”, agar tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri yang sedang sakit, karena tubuh kita sebenarnya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri, asalkan kita mau mendengarkannya dan memberikan respon dengan asupan nutrisi yang baik dan lengkap serta perawatan yang tepat.
Latar Belakang :Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna (QS: 95 :4). Tiap insan dilengkapi dengan alat dan organ tubuh yang canggih, seimbang dan diatas segalanya diberi akal fikiran yang dapat digunakan untuk menimbang yang baik dan yang buruk, dan juga untuk mempelajari segala sesuatu yang diciptakan Tuhan di alam ini. Tidak ada makhluk ciptaan Tuhan selengkap dan sesempurna manusia, dan justru karena itu juga, manusialah yang ditugasi sebagai wakil Tuhan untuk mengurus alam ini sebagai khalifah-Nya. Dengan akal fikiran itu, manusia
Selain anugerah yang telah disebutkan diatas, Tuhan juga telah melengkapi tubuh kita dengan suatu Sistem Pertahanan dan Kekebalan Tubuh yang super canggih untuk melindungi tubuh kita dari setiap bentuk gangguan dan serangan musuh, baik yang datang dari luar, seperti bakteri, virus, jamur, parasit, polusi lingkungan, dan sebaginya, maupun musuh yang ada didalam tubuh, seperti radikal bebas, racun-racun hasil samping metabolisme, sel-sel kanker, dan sebagainya. Sistem kekebalan tubuh berhubungan erat dengan sistem-sistem lain dalam tubuh kita. Bila sistem kekebalan tubuh bekerja secara arif dan efektif, maka kita akan senantiasa berada dalam keadaan sehat, namun bila sistem kekebalan tubuh mengalami kelelahan atau bekerja tidak dengan kapasitas penuh, maka bagian-bagian tubuh anda yang lain terbiar dan mudah diserang oleh kuman-kuman, virus dan bakteri-bakteri yang bertaburan di lingkungan hidup kita saat ini ataupun digerogoti oleh radikal bebas, sel-sel kanker, dsb. Bila anda masih pula membebani tubuh anda dengan diet yang buruk, tidak melakukan latihan jasmani yang cukup, serta pola hidup yang syarat tuntutan (ketegangan), maka sistem kekebalan anda sama sekali tak mendapatkan bantuan yang sangat diperlukannya. Pada hal sistem kekebalan tubuh harus bekerja sepanjang waktu untuk melindungi anda, dan karena hal-hal tersebut, seringkali dia akan gagal melindungi anda pada saat-saat yang paling dibutuhkan dan anda dapat menderita sakit.
Sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mampu menghadapi tantangan yang dihadapinya setiap hari, akan memberi kesempatan pada tiap sistem dalam tubuh anda berfungsi pada tingkat yang terbaik. Sistem kekebalan yang sehat akan meratakan jalan menuju diri anda yang lebih sehat pula.
Dan karena anda sudah terserang penyakit, maka kelemahan dan ketidak berdayaan Sistem Pertahanan dan Kekebalan Tubuh anda harus dibantu, agar dapat kembali berfungsi dengan efektif.
Hal inilah yang dilakukan dalam Terapi Komplementer yang saya laksanakan dengan beragam cara, termasuk berdo’a sebagai terapi spiritual, karena kesembuhan hanya datang dari Yang Maha Kuasa – “man proposes, God disposes” !dapat mempelajari susunan tubuhnya dan sistem-sistem yang bekerja untuk menjalankan fungsi tubuhnya agar tetap dapat hidup, sehat dan beraktivitas. Dengan akal fikiran itu juga manusia mempelajari dan mengerti tata surya dan lain-lain di alam ini.
Sebenarnya, bila kita menelaah dan mempelajari betapa rumit dan canggihnya susunan setiap sel dan organ didalam tubuh kita, demikian pula cara kerja dari masing-masing sel dan organ tersebut hingga secara keseluruhan begitu harmonis, maka kita akan melihat dan menyadari betapa Kebesaran dan Rahmat Tuhan yang telah dianugerahkan kepada kita manusia. Kita akan takjub dan tersungkur sujud untuk mensyukurinya. Anugerah yang begitu besar, seharusnya kita jaga dan rawat dengan baik, agar tetap awet dan berfungsi dengan baik hingga saatnya kita kembali keharibaan-Nya. Namun kita selalu lupa akan hal itu, hingga akibatnya kita sendiri yang akan menderita karenanya. Karena keteledoran kita, maka kita mengalami penyakit dan bila kita sakit, kualitas hidup kita akan terganggu, dan kesempatan kita untuk menikmati hidup akan terganggu pula. Bukankah bila kita sehat, maka kualitas hidup kita akan baik, kreativitas dan produktivitas kita akan terus melaju, sehingga kita benar-benar akan menikmati hidup yang hanya sebentar ini dengan penuh gairah dan bahagia. Tetap sehat, bukan berarti kita akan hidup selama-lamanya, karena setiap yang bernyawa itu pasti menemui ajalnya, seperti firman Tuhan:
“Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati” (Q.S. : 21 : 35)Namun dengan menjaga tubuh kita selalu sehat, maka kualitas hidup untuk menjalani dan menikmati hidup akan tetap baik dan kita tidak perlu harus menderita sakit, yang mungkin akan berdampak sangat negatif kepada kehidupan kita, baik dari segi fisik, mental, finansial dan sosial.
Tubuh kita dijadikan Tuhan sedemikian rupa, dan bekerja dengan beragam sistem tubuh. Tubuh kita ini dapat diumpamakan seperti pabrik yang terdiri dari jutaan mesin-mesin kecil yang sebagian bekerja serempak, sedang yang lain bekerja secara independen, namun tetap dalam keharmonisan, agar kita dapat hidup dengan sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s